top of page

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesetimbangan Kimia

Pernahkah kalian bermain jungkat-jungkit? Bagaimana kalian dapat mempertahankan keseimbangan ketika kalian bermain dengan teman kalian? Usaha apa yang dapat kalian lakukan jika perbedaan berat badan teman bermain jungkat-jungkit kalian sangat jauh sehingga permainannya menjadi tidak seimbang. Kalian pasti akan berusaha agar keseimbangan jungkat-jungkit dapat terjadi sehingga permainan kalian menjadi menyenangkan. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan mengajak teman lain untuk mengimbangi beban pada jungkat-jungkit. Permainan jungkat-jungkit tersebut dapat dikaitkan dengan pembelajaran kita kali ini yaitu faktor yang mempengaruhi kesetimbangan kimia.

Prinsip Le Chatelier menyebutkan bahwa “Jika reaksi kimia yang setimbang menerima perubahaan keadaan (menerima aksi dari luar), reaksi tersebut akan menuju pada kesetimbangan baru dengan suatu pergeseran tertentu untuk mengatasi perubahan yang diterima (melakukan reaksi sebagai respon terhadap perubahan yang diterima)."

Berdasarkan prinsip tersebut, suatu reaksi yang telah mencapai kesetimbangan jika dikenai aksi yang mempengaruhi kesetimbangan, maka akan terjadi pergeseran (usaha) agar tercapai kesetimbangan kembali.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kesetimbangan kimia antara lain :

1. Konsentrasi Zat

Jika konsentrasi salah satu zat ditambah, maka reaksi kesetimbangan akan bergeser dari arah (menjauhi) zat yang ditambah konsentrasinya. Jika konsentrasi salah satu zat dikurangi, maka reaksi kesetimbangan akan bergeser ke arah zat dikurangi konsentrasinya.

2. Temperatur

Apabila temperatur sistem dinaikkan maka reaksi kesetimbangan bergeser ke arah reaksi yang membutuhkan kalor (endoterm). Apabila temperatur sistem dikurangi maka rekasi kesetimbangan akan bergeser ke arah zat yang melepaskan kalor (eksoterm).

3. Tekanan dan Volume

Apabila tekanan pada sistem ditambah/volume diperkecil maka reaksi kesetimbangan akan bergeser ke arah jumlah molekul yang lebih kecil. Apabila tekanan pada sistem diperkecil/volume ditambah maka reaksi kesetimbangan akan bergeser ke arah jumlah molekul yang lebih besar.

Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page